Senin, 03 Desember 2018

Ingredients #13

1.CHEESE ( Keju )

 

SEJARAH

     Keju adalah makanan kuno yang sudah diproduksi sejak zaman prasejarah walaupun tidak ada bukti pasti kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan.Masyarakat prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden dan beralih menjadi beternak kambing, domba maupun sapi.Dengan beternak,                  masyarakat mulai mengenal susu dan kegunaannya. Persediaan susu pun jadi meningkat sehingga orang-orang mulai menyimpannya dalam bejana tanah liat ataupun kayu.Karena kebersihan yang kurang, terkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas dari api maka susu dalam bejana tersebut menjadi asam dan kental. Setelah dicoba ternyata susu tersebut masih dapat dimakan.Itulah pertama kalinya manusia menemukan keju krim asam (sour cream cheese).
     Keju krim manis (sweet cream cheese) juga ditemukan secara kebetulan. Ada dua legenda yang menceritakan bagaimana manusia menemukan tipe keju ini.Yang pertama menceritakan bahwa ada beberapa pemburu yang membunuh seekor anak sapi. Mereka membuka perut sapi tersebut dan menemukan sesuatu berwarna putih yang ternyata memiliki rasa yang enak. Karena adanya suatu enzim yang bernama rennet di dalam perut sapi, maka susunya pun menjadi kental sehingga menjadi apa yang kita sebut keju saat ini.

MANFAAT

1.Manfaat Keju Bagi Kesehatan
Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda ragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

2.Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
Keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena ibu adalah sumber nutrisi bagi bayi, jadi selama masa kehamilan dan menyusui, Anda boleh mengonsumsi keju agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Terlebih lagi pada wanita hamil, dalam sehari setidaknya dibutuhkan 300 kalori untuk pembentukan bayi pada trimester kedua.

3.Manfaat keju untuk kesehatan gigi
Kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang ada di dalam keju baik untuk kesehatan gigi. Meski belum 100 persen penelitian menyatakan hal tersebut, namun beberapa studi mengklaim bahwa keju seperti keju mozarella dan cheddar dapat membantu dalam pencegahan kerusakan atau kerapuhan gigi.
   
NUTRISI

 Nutrient Content :
Amount Per
100 grams
Calories 402
% Daily Value*
Total Fat 33 g  50%
Saturated fat 21 g       104%
Polyunsaturated fat 0.9 g       
Monounsaturated fat 9 g       
Cholesterol 105 mg     35%
Sodium 621 mg           25%
Potassium 98 mg         2%
Total Carbohydrate 1.3 g        0%
Dietary fiber 0 g          0%
Sugar 0.5 g     
Protein 25 g     50%
Vitamin A       20%     Vitamin C       0%
Calcium           72%     Iron     3%
Vitamin D       6%       Vitamin B-6    5%
Vitamin B-12  13%     Magnesium      7%

 (https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_keju)
(https://www.alodokter.com/manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan)


2.Dragon Fruit ( Buah Naga )

 

SEJARAH

 Buah naga (dragon fruit) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.Buah ini awal nya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga).

MANFAAT

 1.      Buah naga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dan kesehatan dengan fungsi  meningkatkan penglihatan dan mencegah hipertensi, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

2.      Buah naga  dapat  disajikan sebagai  sayur yang  lezat, memiliki gizi tinggi, segar,  kaya vitamin C. Suatu hasil riset  mengemukakan bahwa sulur buah naga  yang masih muda sangat  kaya akan gizi, dan  kandungan vitamin C.

3.      Disebut sebagai “Raja buah”, buah naga memiliki warna merah yang cerah dengan bentuk  menarik. Dagingnya berwarna   putih  atau  merah,  terasa  manis ,  dengan aroma  ringan. Tingkat  kemanisan    buah  naga  adalah 16-18 derajat briks, lebih baik dari  melon.

4.      Buah naga  dapat  sebagai  minuman,  dapat  disajikan dalam  jus buah  dan  salad  buah  atau  dibuat  menjadi selai. Buah ini juga dapat  dijus dan sebagai  campuran untuk membuat minuman yang sangat lezat.

5.      Perlindungan     lingkungan.    Buah    naga    menyerap C02 di malam hari dan melepaskan  oksigen untuk membersihkan udara.

NUTRISI

 Buah naga memiliki rasa yang yang enak, manis, kadang- kadang sedikit asam, dapat dikonsumsi sebagai buah segar, maupun diolah,  serta  sebagai  campuran   makanan  dan minuman  lainnya. Secara umum,  kandungan nutrisi dari buah naga adalah: Air 90,20% ,Karbohidrat 11,50%, Protein 0,53% ,Lemak  0,40%, Serat  0,71%, Calcium 6-10 mg/100g, Fosfor 8,70%, Vitamin C: 9,40%.  Untuk jenis yang berdaging buah  merah,  mengandung beta carotene yang  berfungsi sebagai  antioksidan.  Warna  merah  berasal  dari  pigmen alami yang dikenal sebagai  hylocerenin dan isohylocerenin dan juga    membuat berbagai  hidangan  berwarna  merah cantik ketika disajikan.

(http://kampungputraagro.com/blog/karakteristik-dan-jenis-buah-naga-di-indonesia)
(https://jabar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/640-buah-naga )


3.GRAPES ( Anggur Merah )

 

SEJARAH

     Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di timur tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada tahun 2500 SM. dari mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah laut hitam sampai spanyol., jerman, prancis. dan austria .sejalan dengan perjalanan Colombus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke mexico ,amerika selatan, afrika selatan, asia termasuk indonesia dan australia

MANFAAT

1. Mencegah Kanker Payudara zat kimia dalam anggur yang bernama reservatol akan bertugas menghambat perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh manusia . senyawa tersebut sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal mencegah penyakit kanker payudara 

2.Mengobati Sembelit adalah kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebihan , untuk itu cobalah minum jus anggur ketika mengalami sembelit .

3.Mencegah Rambut Rontok Para pakar kecantikan telah menemukan sebuah vitamin yang terbuat dari bahan baku anggur , vitamin ini difungsikan untuk menjaga kesehatan rambut dan manjauhkan dari segala bentuk kerusakan rambut 

NUTRISI

 Gula ( 15.48 g )
Karbohidrat ( 18.1 g ) 
Energi ( 288 kj )
Serat Pangan ( 0,9 g )
Lemak ( 0.16 g )
Protein ( 0.72 g ) 
Vitamin B1 ( 0.069 mg )
Vitamin B2 ( 0.07 mg )
Vitamin B3 ( 0.188 mg )
Vitamin B5 ( 0.05 mg ) 
Vitamin B6 ( 0.086 mg )
Vitamin B9 ( 1%)
Vitamin C ( 10.8 mg )
Vitamin K ( 21% )
Kalsium ( 10 mg )
Zat Besi ( 0.36 mg )
Magnesium ( 7 mg )
Mangan ( 0.071 mg )
Fosfor ( 20 mg )
Kalium ( 191 mg )
Natrium ( 3.02 mg )
seng ( 0.07 mg )

https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/11/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-anggur.html (
( http://orenjieculinary.com/sejarah-buah-anggur-dan-manfaatnya/ )
( http://www.materipertanian.com/klasifikasi-dan-ciri-ciri-morfologi-anggur/ )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar