Senin, 03 Desember 2018

Local Food #6

1.Pallumara


     Makassar selain terkenal dengan Pallu Butung dan Palu Basa, ternyata ada variasi Pallu lainnya yang mejadi makanan wajib jika sedang di Makassar. Namanya Pallu Mara.
     Masakan khas Makasar yang berbahan ikan dan Sup kuah bumbu kunyit ini berasal dari dari bahasa Makassar, Pallu berarti masakan sedangkan Mara berarti asam. Pallu Mara memiliki cita rasa segar dan gurih dan resep Pallu Mara dapat menjadi variasi sajian dalam bentuk hidangan ikan Bandeng, lho! Selain Bandeng, dapat diganti juga ikan Tongkol atau jenis ikan sesuai selera.
     Sajian ikan bandeng palumara adalah salah satu menu hidangan nusantara khususnya Bugis Makassar. Hidangan ini dibuat dengan memadukan bumbu tumisan dari berbagai rempah bersama dengan ikan bandeng yang sudah dipotong-potong. Rasa dari daging ikan yang lembut dan rempah yang khas, membuat rasanya begitu khas dan lezat.

(https://kabarmakassar.com/posts/view/1678/pallu-mara-kuliner-khas-bugis-makassar-yang-bikin-nagih.html)

2.Pallu Kaloa


     Pallu Kaloa Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, pallu kaloa berarti memasak dengan menggunakan rempah kaloa, yang merupakan rempah khas Sulawesi Selatan. Kaloa tergolong rempah biji dengan kulit keras berukuran kecil seperti bawang. Bagian yang digunakan untuk meracik sup ikan ini adalah bijinya yang berwarna hitam, tanpa dihancurkan sama sekali, untuk menciptakan cita rasa asam yang khas.
     Kuah sup ini terlihat berwarna kehitaman dan tidak kental. Berhubung tampilan kuahnya mirip menu rawon asal Jawa Timur, tak ayal sebagian warga pendatang di Makassar menyebut pallu kaloa sebagai rawon ikan. Pallu kaloa menjadi salah satu masakan yang paling diburu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

(http://beritamks.com/hidangan-pallu-kaloa-khas-makassar/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar