Senin, 03 Desember 2018

Ingredients #6

1.Mung Bean ( Kacang Hijau )



SEJARAH

     Tanaman kacang hijau diduga berasal dari India, kemudian menyebar ke berbagai negara Asia tropis, termasuk ke Indonesia di awal abad ke-17. Di Indonesia, kacang hijau juga dikenal sebagai tanaman sayur semusim. Kacang hijau atau  (Vigna radiata) berasal dari famili pabaceae alias polong-polongan,  kacang hijau dan kecambahnya banyak  manfaat bagi kesehatan

MANFAAT

1. Mencegah penyakit jantung
Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker
Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein
Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

NUTRISI

Amount Per
100 grams
Calories 347
% Daily Value*
Total Fat 1.2 g 1%
Saturated fat 0.3 g      1%
Polyunsaturated fat 0.4 g      
Monounsaturated fat 0.2 g  
Cholesterol 0 mg         0%
Sodium 15 mg 0%
Potassium 1,246 mg    35%
Total Carbohydrate 63 g         21%
Dietary fiber 16 g        64%
Sugar 7 g      
Protein 24 g     48%
Vitamin A       2%       Vitamin C       8%
Calcium           13%     Iron     37%
Vitamin D       0%       Vitamin B-6    20%

Vitamin B-12  0%       Magnesium      47%

(http://ilmusejarahbiologi.blogspot.com/2016/01/pengertian-definisi-kacang-hijau-vigna.html)
 (https://www.google.com/search?q=mung+bean+&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)

2.Galangal ( Lengkuas )


SEJARAH

Galangal atau lengkuas berasal dari Asia Tenggara, kemungkinan Cina bagian selatan; kini dibiakkan di Indochina, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

NUTRISI

One serving (64 grams) of galangal contains 2 grams of dietary fiber and 45 calories. It is also a good source of sodium, flavonoids, vitamins A and C, iron, and some phytochemicals like Beta-Sitosterol, quercetin, Emodin, and Galangin. 100 grams of galangal contains:

    149 calories
    15 grams of carbohydrates
    2 grams of fiber
    1 gram of protein
    1 gram of total fat
    4 grams of vitamin C

FUNGSI

1. Memberikan rasa nyaman di perut‎
Makan lengkuas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain. Sehingga dapat dipergunakan untuk membantu mengurangi, muntah, mabuk perjalanan serta dapat mengurangi gejala diare. Selain itu, di Cina lengkuas digunakan sebagai obat cegukan, dimana penggunaannya di kombinasikan dengan manfaat ginseng.‎

2. Menurunkan deman‎
Lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.‎

3. Mengurangi gangguan pernafasan‎
Lengkuas dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk.‎

4. Menjaga kesehatan mulut‎
Ekstrak akar lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga dapat mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di mulut dan tenggorokan dan dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (halitosis).

(http://wiyonggoputih.blogspot.com/2017/03/lengkuas-rempah-yang-kaya-manfaat.html)

3.Telur Ayam ( Chicken Egg )


SEJARAH

     Telur burung telah menjadi makanan yang berharga sejak zaman prasejarah, pada masa masyarakat berburu dan masyarakat yang lebih beradab dimana burung-burung telah menjadi jinak sebagai binatang peliharaan. Ayam telah dipelihara untuk diambil telurnya dari hutan asli ke daerah tropis dan subtropis Asia Tenggara dan India sebelum 7500 SM. Ayam dibawa ke Sumeria dan Mesir pada 1500 SM, dan mendarat ke Yunani sekitar 800 SM. Di  mana saat itu puyuh telah menjadi sumber utama dari telur.
     Di Thebes, Mesir, Makam Haremhab, yang dibangun 1420 SM, menunjukkan gambaran seorang pria membawa keranjang dari telur unta dan telur besar lainnya, mungkin orang-orang dari Pelician itu menggunakannya sebagai persembahan. Pada masa Romawi kuno, telur diawetkan menggunakan banyak metode, dan makanan biasanya dibuka dengan telur. Bangsa Romawi memecahkan kulit telur di dalam piring mereka untuk mengusir roh jahat yang bersembunyi di sana. Di abad pertengahan, telur dilarang selama masa prapaskah.

MANFAAT

1.      Perlindungan terhadap otak
2.      Membantu penyerapan kalsium
3.      Menyehatkan indra penglihatan
4.      Menurunkan risiko penyakit jantung
5.      Membantu penurunan berat badan
6.      Menjadikan kulit lebih sehat
7.      Menurunkan risiko kanker
8.      Meningkatkan kesuburan

NUTRISI


(http://faktatelur.blogspot.com/2012/11/telur.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar