Senin, 03 Desember 2018

Ingredients #8

1.Kaffir Lime Leaves ( Daun Jeruk Purut )



SEJARAH

     Ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunnan bagian barat. Lalu bagaimana akhirnya jeruk menyebar? Sekali lagi terima kasih kepada alam, tanpanya mungkin jeruk tak akan bisa kita nikmati. Penelitian yang dipublikasikan di Nature ini mengungkapkan jika hal ini dipicu adanya perubahan iklim yang terjadi 6-8 juta tahun lalu.
     Di masa itu, terjadi pelemahan muson yang berakibat pada cuaca kering. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang memicu migrasi tanaman dan hewan dari daerah tersebut. "Ini pasti merupakan perubahan iklim dan habitat yang dramatis," kata Daniel Rokhsar, ahli genetika dari UC Berkeley. Baca juga : Buah dengan Kadar Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk Dari situlah cerita bermula, pohon jeruk menyebar dengan cepat ke Asia Tenggara hingga ke Australia sekitar 4 juta tahun yang lalu.
     Dari migrasi massal ini, akhirnya memunculkan banyak varietas buah seperti saat ini. Semisal jeruk pahit yang kulitnya digunakan untuk membuat selai adalah gabungan dua nenek moyang jeruk. Hal ini dimungkinkan terjadi karena jeruk beradaptasi dengan habitat yang berbeda-beda.

MANFAAT

1. Mengatasi Influenza
Influenza, Flu, atau Pilek seringkali menyerang tubuh manusia, Terutama saat pergantian musim atau musim hujan seperti saat ini. Namun anda jangan khawatir, Bahwa hanya dengan memanfaatkan daun Jeruk Purut maka penyakit Flu yang anda derita akan bisa teratasi.
Cara menerapkannya, Cukup sediakan 20 lembar daun Jeruk Purut dan potonglah menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan daun Jeruk Purut selagi masih hangat. Anda bisa juga menambahkan madu pada air rebusan tadi sebagai pemanisnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin, Sehingga penyakit Flu bisa segera mereda.

2. Sebagai Antibiotik
Kondisi kesehatan tubuh yang melemah akan menyebabkan datangnya penyakit yang mudah menyerang tubuh. Oleh sebab itu, Kandungan Antibiotik pada daun Jeruk Purut akan membantu dalam mengatasi kondisi tubuh / fisik yang melemah, serta membantu menangkal bakteri jahat dan virus yang menyerang tubuh.
Cara menerapkannya, Anda bisa langsung mengonsumsi daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan. Atau bisa juga dengan merebus daun Jeruk Purut untuk diminum air rebusannya. Dengan begitu, Tubuh anda akan mendapatkan asupan Antibiotik alami, yang mana bisa membantu dalam menangkal bakteri / virus yang menyebabkan penyakit.

3. Mengatasi Stres
Selain sebagai penyedap masakan, Daun Jeruk Purut juga dapat membantu anda dalam mengatasi rasa stres. Hal demikian karena pada daun Jeruk Purut mengandung zat Tannin, yang mana senyawa alami tersebut sangat berperan dalam mengatasi rasa penat dan stres.
Cukup dengan menambahkan daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan, atau dengan meminum rebusan daun Jeruk Purut, Maka rasa penat atau stres yang Anda alami akan segera teratasi.

NUTRISI

Serving Size:
leaf (0.2g grams)
Amount Per Serving
Calories from Fat 0.1
Calories 0.6
% Daily Value*
0%
Total Fat 0g grams
0%
Saturated Fat 0g grams
Trans Fat 0g grams
Polyunsaturated Fat 0g grams
Monounsaturated Fat 0g grams
0%
Cholesterol 0mg milligrams
0%
Sodium 0.1mg milligrams
0%
Potassium 1.1mg milligrams
0%
Total Carbohydrates 0.1g grams
0%
Dietary Fiber 0.1g grams
Protein 0g grams
0.3%
Vitamin A
0.2%
Vitamin C
0.1%
Calcium
0.5%

 (https://www.arbamedia.com/2016/01/manfaat-daun-jeruk-purut.html)
(https://sains.kompas.com/read/2018/02/19/204500223/dari-mana-asal-muasal-jeruk-ilmuwan-kini-ungkap-tempat-kelahirannya.)

2.Basil Leaves ( Daun Kemangi )


SEJARAH

     Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.

MANFAAT

1.      Sebagai Obat Tradisional
Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.
Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain. Secara turun-temurun, manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah dipercaya dari generasi ke generasi.

2.      Memelihara Kesehatan Jantung
Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dapat memperkuat jantung Anda.

3.      Meningkatkan Selera Makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain segar dan sedap, ternyata aroma daun kemangi ini bisa meningkatkan selera makan & membuat makan menjadi lahap.

NUTRISI

100 grams
Calories 22
% Daily Value*
Total Fat 0.6 g 0%
Saturated fat 0 g         0%
Polyunsaturated fat 0.4 g      
Monounsaturated fat 0.1 g  
Cholesterol 0 mg         0%
Sodium 4 mg   0%
Potassium 295 mg       8%
Total Carbohydrate 2.7 g        0%
Dietary fiber 1.6 g       6%
Sugar 0.3 g    
Protein 3.2 g    6%
Vitamin A       105%   Vitamin C       30%
Calcium           17%     Iron     17%
Vitamin D       0%       Vitamin B-6    10%
Vitamin B-12  0%       Magnesium      16%

 (https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi)
(https://doktersehat.com/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan/)

3.Quail Egg ( Telur Puyuh )


SEJARAH

     Telur puyuh adalah telur burung puyuh yang kerap dijadikan bahan makanan di berbagai tradisi kuliner di dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika.
     Dalam masakan Jepang, telur puyuh dapat disajikan mentah atau masak sebagai bagian dari bahan tamago (telur) dalam sushi dan kerap ditemukan dalam masakan rantang bekal bento.
Perbandingan ukuran telur puyuh dengan telur ayam dan telur bebek. Telur puyuh adalah yang terkecil.

     Di beberapa kawasan, telur puyuh dianggap biasa saja dan bukanlah hidangan eksotik. Di Kolombia, Ekuador dan Venezuela, telur puyuh rebus lazim dijadikan tambahan pada hot dog dan hamburger. Di Filipina, kwek-kwek adalah jajanan jalanan yang terbuat dari telur puyuh yang direbus, dilapisi tepung, dan kemudian ditusuk sate dan kemudian digoreng. Di Indonesia, kemasan kecil telur puyuh lazim dijajakan oleh pedagang asongan bersama kacang dan jajanan lain sebagai kudapan

MANFAAT

1.      Untuk Membantu Perkembangan Janin
Di masa kehamilan, tentu bagi para ibu akan menginginkan kondisi janin yang telah dikandung tetap dalam kondisi sehat bukan….?. Nah, dengan mengonsumsi telur puyuh yang dikenal sebagai sumber Kolin ini, nantinya akan mendukung perkembangan otak pada janin. Bahkan jika asupan Kolin bisa terpenuhi dengan kadar yang cukup, maka hal demikian akan bisa mengurangi risiko kematian pada sel janin. Alhasil, kemungkinan terjadinya cacat lahir akan bisa diminimalisir.

Sementara berdasarkan hasil penelitian yang ada menunjukkan, Bahwa sebaiknya untuk konsumsi asupan Kolin ini bisa dilakukan sejak janin berumur kandungan 20 atau 25 Minggu, Sampai pada waktunya bayi dilahirkan.

2.      Menguatkan Fungsi Otak
Selain telur puyuh baik untuk menguatkan memori otak janin dalam kandungan, Nutrisi Kolin yang terdapat pada telur puyuh juga dapat mempertahankan fungsi otak bagi setiap orang di usia produktif. Dimana fungsi otak akan dapat dipertahankan dengan baik, Sehingga otak pun akan bisa tetap bekerja dengan sehat dan maksimal.

3.      Menjadi Sumber Protein Terbaik
Jika dibandingkan dengan telur ayam maupun bebek, Telur puyuh yang nampak mungil ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni 13,5 gram protein. Bahkan daya cerna pada protein telur puyuh juga tinggi, sehingga akan bisa diserap tubuh secara maksimal. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mengonsumsi telur enak ini.

4.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang terdapat pada telur puyuh,  juga bisa digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya imunitas tubuh. Oleh sebab itu, anda bisa mengonsumsi telur puyuh ini sebanyak 3 hingga 5 butir telur di pagi hari. Dengan begitu sistem kekebalan dan metabolisme tubuh bisa meningkat secara efektif.

NUTRISI

Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 158
Jumlah Lemak 11 g  
Lemak jenuh 3.6 g    
Lemak tak jenuh ganda 1.3 g
Lemak tak jenuh tunggal 4.3 g        
Kolesterol 844 mg    
Natrium 141 mg        
Kalium 132 mg        
Jumlah Karbohidrat 0.4 g    
Serat pangan 0 g      
Gula 0.4 g    
Protein 13 g  
Vitamin A       543 IU Vitamin C       0 mg
Kalsium           64 mg  Zat besi           3.7 mg
Vitamin D       55 IU   Vitamin B6     0.2 mg
Vitamin B12   1.6 µg  Magnesium      13 mg

(https://id.wikipedia.org/wiki/Telur_puyuh)
(https://www.arbamedia.com/2015/12/manfaat-telur-puyuh.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar