Senin, 03 Desember 2018

Local Food #4

1.Songkolo


     Songkolo atau biasa orang bugis menyebutnya “sokko” adalah makanan khas Makassar yang dibuat dari bahan dasar beras ketan. Beras ketan yang digunakan bisa ketan hitam atau ketan putih. Pilih beras ketan yang berkualitas lalu dikukus sampai matang dan disajikan bersama dengan lauk pendamping seperti parutan kelapa yang sudah digoreng dan campuran ikan hasin tambah lagi dengan potongan telor itik.
Songkolo dalam budaya Bugis Makassar biasanya disajikan jika sedang ada hajatan, entah itu syukuran ataupun pernikahan

(https://resepnusantara.id/resep-songkolo-khas-makasar/)

2.Gogoso


     Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan ketika lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado. Bentuknya lebih panjang dan agak langsing bila dibandingkan dengan lemper. Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian. Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi. Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu.
     Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran. Bahan dasarnya adalah beras ketan yang dimasak terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar. Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pasir dan berwarna cokelat.

(https://jejakkulinerindo.wordpress.com/2015/08/26/info-kuliner-gogoso/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar