Rabu, 04 April 2018

Analisis Tom Yam

TOM YAM

 
       Tom Yam , juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal.
Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur. 

      Ciri khas dari soup tom yam ini adalah rasa kecut, asam, asin dan pedas yang menendang jelas ketika di cicipi. rasa ini berasal dari salah satu bahan utama yaitu Cabe, Tamarind Paste dan juga Lemon Grass. dan juga salah satu bumbu khas thailand yaitu Fish Sauce atau Kecap ikan yang di berikan yang memberikan rasa asin dan gurih.

      Salah satu ciri khas lain adalah warnanya yang merah yang berasal dari rebusan kepala dan kulit udang yang mengandung pigmen Karotenoid yang saya juga tidak tau maksudnya tapi itulah yang membuatnya merah dan juga Karetenoid jugalah yang membuat warna pink pada salmon dan kepiting. dan terkadang juga bila Tom Yamnya berwarna agak keruh. Warnanya dapat di manipulasi dengan menggunakan Tomato Paste Sedikit saja jangan banyak-banyak. agak rasa tidak berubah.
 
      Ketika Rasa asam,asin,pedas sudah di dapatkan, maka Sup tersebut di saring sampe warnanya bening karena tom yam adalah nationalities soup dan termasuk d dalam kategori Thin soup atau soup jernih yang artinya soup ini ringan dan tidak kental, karena tidak menggunakan Thickening agent. Dan juga biasanya tom yam ini di sajikan dengan daun ketumbar atau cilantro leaves

Tidak ada komentar:

Posting Komentar