Kamis, 17 Mei 2018

Terminologi #8

Terminologi #8

1.Buffalo Wings


     Bagi sebagian besar orang Amerika, Buffalo wings atau menu sayap ayam adalah makanan ringan terpopuler. Rasanya biasanya pedas, yang bisa bikin penikmatnya berkeringat ketagihan. Warnanya yang kuning keemasan digoreng hingga terlihat juicy dari dagingnya.
     2014 menandai ulang tahun ke-50 menu ini, yang memang sangat klasik. Tiga 'aturan' menu sayap ayam ala Amerika Serikat yang selama ini dipatuhi, di antaranya tidak menggunakan tepung roti, selalu digoreng, dan sausnya harus menggunakan mentega dengan rasa pedas.

2.Chicken Nugget


     Nugget ayam adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat
     Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.

3.Cheese Burger


     Burger keju adalah hamburger yang disisipi keju. Pembuatannya adalah keju dipotong tipis, lalu dibiarkan sesaat agar keju meleleh. Di Amerika Serikat, keju yang dipakai kebanyakan adalah keju Amerika, namun keju seperti mozzarella, keju biru, keju pepperjack, dan keju Cheddar juga populer.

4.Hot Dog


     Hot dog (frankfurter, frank, wiener, weenie) adalah suatu jenis sosis yang dimasak atau diasapi dan memiliki tekstur yang lebih halus serta rasa yang lebih lembut dan basah daripada kebanyakan sosis. Hot dog sering dimakan dengan tangan (fingerfood), terutama di Amerika Serikat, dan biasanya dimakan bersama roti lunak (bun) yang berbentuk sama dengan sosis, kadang disertai bumbu dan topping. Sandwich yang terbentuk dari kombinasi ini disebut juga dengan istilah hot dog.

5.Eggs Benedict


    Eggs Benedict (juga disebut dengan istilah "Eggs Benny") adalah sarapan tradisional Amerika atau brunch dish yang terdiri dari dua bagian dari muffin Inggris yang masing-masing di atasnya di lapisi dengan bacon Kanada, ham atau kadang-kadang bacon, poached egg, dan Saus Hollandaise. Hidangan ini pertama kali dipopulerkan di New York City. Banyak variasi pada resep dasar disajikan tergantung selera dan daerah di sajikannya.

6.Doughnuts ( Donut )


     Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.
Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

7.Bagels

     Bagel (beigel, (bahasa Yiddish: בײגל beygl) adalah salah satu jenis roti berbentuk seperti cincin seukuran telapak tangan, dibuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum dipanggang. Bagian dalam mempunyai tekstur yang padat dan kenyal dengan bagian luar berwarna coklat muda, keras dan garing.
Bagel tradisional sering diberi perasa seperti garam, bawang bombay, bawang putih, telur, roti pumpernickel dan gandum hitam (rye) yang dicampurkan ke dalam adonan.       Adonan bagel modern biasanya ditambahkan perasa seperti tomat dan rempah-rempah dill, bumbu masakan cajun, kayu manis dan kismis, keju, sejenis jintan yang disebut caraway, blueberi dan muesli. Kulit gandum (bran), adonan masam (sourdough), telur ayam, tepung gandum tanpa buang kulit (whole wheat atau whole meal), tepung multi serealia (multigrain), atau muesli juga sering ditambahkan ke dalam adonan sebagai penambah tekstur. Bagel sama sekali berbeda dengan donat walaupun keduanya memiliki bentuk yang mirip.

8.Pancakes


     Panekuk (bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging (bacon atau ham).

9.French Fries


     Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.
     Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips dan currywurst.

10.Foie Gras



     Foie gras merupakan makanan khas Perancis yang terbuat dari hati angsa. Hidangan ini terkenal di Eropa, terutama di Perancis, Bulgaria dan Hongaria. Olahan dari hati angsa ini tergolong makanan paling tua di Eropa. Orang Bulgaria telah membuatnya sejak 2000 tahun lalu. Namun, sajian ini pertama kali muncul di Mesir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar