Kamis, 08 Maret 2018

Terminologi #3

TERMINOLOGI  #3

1.Hard Roll



     Disebut Kaisersemmel atau Kaiserbrötchen, adalah roti bundar dan keras yang berasal dari Austria. Roti ini terbuat dari tepung putih, ragi, air dan garam
     Hard roll sudah ada semenjak tahun 1760. Konon roti ini dinamai Kaisersemmel untuk menghormati Kaisar Franz Joseph I dari Austria (1830–1916).

2.Sup Kacang Merah


     Beberapa daerah menyebutnya Brenebon adalah masakan sup kacang merah khas Indonesia Timur, khususnya ditemukan pada khazanah masakan Minahasa.Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging, dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain.
     Masakan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Nama "brenebon" merupakan pengucapan lokal Manado yang berasal dari Bahasa Belanda, yaitu bruine bonen; bruine berarti "warna coklat", sementara bonen berarti "kacang", maka bruine bonen berarti "kacang merah"

3.Plecing Kangkung


     Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.
     Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

4.Bika Ambon


     Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.
     Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang budayawan dan sejarawan, kue bika ambon terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira/tuak enau hingga berongga dan berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Selanjutnya M Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut bika ambon karena pertama sekali dijual dan popular di simpang Jl Ambon-Sei Kera Medan.

5.Pate


     pate adalah cold apetizer yang terbuat dari daging atau hati binatang seperti sapi, unggas , dll. yang di blend dan di cetak lalu di masukkan ke dalam chiller dan di sajikan sebagai olesan

6.Chowder

   
     Adalah soup atau stew yang di buat menggunakan cream dan seafood ataupun sayuran, chowder di bawa oleh imigrant inggris dan perancis ke amerika utara sekitar 250 tahun yang lalu dan kemudian menjadi salah satu menu seafood favorit karena mudah di buat

7.Spaghetti Bolognaise


     Spaghetti bolognaise adalah makanan khas italia yang merupakan Pasta Spaghetti yang di sajikan dengan saus bolognaise. Bolognaise adalah sauce yang terbuat dari daging yang di campur dengan tomat, parsley dan redwine.
     Asal Bolognaise adalah dari bologna italia, dan di sajikan pertama kali pada buku yang di tulis oleh Chef Pellegrino Atrusi tahun 1800 disebut "Maccheroni ala Bolognese"

8.Tart


     Tart adalah suatu makanan yang dipanggang, bahan dasarnya kue pastri dan diisi dengan sesuatu yang manis atau gurih, namun bagian atas makanan ini tidak ditutup atau dilapisi dengan pastri. Isi dari tart modern biasanya berbasis buah, terkadang dengan custard. Sedangkan tartlet adalah tart kecil, contohnya tart telur (egg tart).
     Istilah Perancis tarte dapat diterjemahkan menjadi tart ataupun pai, sebab keduanya pada dasarnya sama dengan pengecualian bahwa isi pai biasanya ditutup seluruhnya dengan pastri, sementara tart dibiarkan terbuka. Crostata Italia, berawal dari setidaknya pertengahan tahun 1400-an, telah digambarkan sebagai "versi bebas pedesaan dari sebuah tart buah terbuka". Tart dari awal abad pertengahan umumnya diisi dengan daging, namun yang kemudian sering menggunakan buah dan custard.


9.Brioche


     Brioche adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur. Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.
     Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan cara dasar yang sama seperti roti, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena banyaknya kandungan telur, mentega, cairan (susu, air, krim, dan kadang-kadang brandy), dan gula. Brioche, bersama pain au lait dan pain aux raisins — yang sering disajikan saat sarapan atau camilan — membentuk subkelompok roti kembang Viennoiserie.

10.Nasi Putih


     Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.
     Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar