Jumat, 23 Februari 2018

Terminologi #2

Terminologi #2

1.Chicken Salad Hawaiian 


     Salad ayam hawai ( chicken salad hawaiian) adalah hidangan salad dengan daging ayam sebagai bahan utama. Bahan umum lainnya termasuk mayones, telur rebus, seledri, bawang merah, merica, acar (atau asinan) dan berbagai mustard atau dressing, yang membedakan salad ini dengan salad pada umumnya adalah adanya penambahan Pineapple atau nanas yang di potong.

2.Bisque


     Berasal dari bahasa perancis Bis cuites yang berarti di masak dua kali, karena bisque di buat dari bahan dasar yang di saute bersama kulitnya lalu di tambahkan tumbuhan aromatik dan wine yang kemudian di tambahkan cream, bahan dasarnya biasanya adalah udang, lobster, kepiting, dll.

3.Stew


     adalah makanan yang terbuat dari rebusan bahan makanan keras yang di dimasak di dalam cairan dan di sajikan dengan saus hasil rebusan itu sendiri, stew sangat cocok untuk daging yang memiliki texture keras seperti daging sapi, rusa ataupun domba. stew memiliki sejarah yang panjang yaitu tahun 800 SM dimana orang merebus tulang hasil makanan untuk melepaskan sisa-sisa daging yang masih menempel untuk di makan. resep stew sudah di temukan pada sebuah buku di roma pada tahun 400 masehi dan pada buku masakan tertua di perancis pada tahun 1400 oleh seorang chef taillevent.

4.Baked Potatoes


     adalah hidangan kentang yang telah di panggang dalam oven dan biasanya di sajikan dengan mentega, keju, ataupun sourcream. Pemanggangan yang di lakukan membuat baked potatoes memiliki kulit yang garing tapi tekstur daging yang tetap lembut. Setiap negara memiliki versi dan sejarahnya masing-masing.

5.Butter cake


     Kue yang berbahan dasar mentega. Bahan yang di gunakan untuk membuat buttercake adalah Flour, Butter, Eggs, dan Sugar. dan kue ini dianggap sebagai kue yang paling di gemari di amerika. sejarah butter cake adalah pada penemuan baking powder dan bahan-bahan ragi kimia lainnya selama abad ke-19 secara substansial meningkatkan fleksibilitas pound cake tradisional ini dengan memperkenalkan kue yang lebih lembut dan ringan dengan menggunakan kombinasi bahan tradisional, dan inilah transformasi yang membawa perubahan modern. Butter Cake

6.Macedoine Vegetables with mayonnaise


     Lebih di kenal dengan nama oliver salad adalah sajian salad yang mengandung sayuran seperti wortel, kacang polong, kentang, dan kacang panjang, yang di potong kotak ( Macedoine ) dan di campurkan dengan mayonnaise sauce sebagai pelengkap. Versi asli salad ini ditemukan pada tahun 1860-an oleh seorang juru masak asal Belgia, Lucien Olivier, koki di restoran bernama Hermitage, salah satu restoran paling terkenal di Moskow. Salad Olivier dengan cepat menjadi sangat populer dengan para pengunjung tetap Hermitage, dan menjadi hidangan khas restoran.

7.Minestrone Soup


     Minestrone adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta. Minestrone adalah masakan Italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing. Sejarahnya, kemungkinan sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai. Masakan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat masakan sederhana namun bergizi dan mengenyangkan

8.Sole Meuniere


     Sole Meunière (Sole à la meunière) adalah hidangan ikan Prancis klasik yang terdiri dari ikan sebelah,yang lebih disukai kulit utuh (kulit abu-abu yang dihilangkan) atau fillet, yang dibalut tepung, digoreng dengan mentega dan disajikan dengan saus mentega coklat, parsley dan lemon. ikan sole memiliki tekstur yang ringan tapi lembab saat dimasak dan memiliki cita rasa ringan. Karena sole adalah flat fish,maka satu ikan akan menghasilkan empat fillet dan bukan dua fillet seperti yang akan dihasilkan oleh roundfish.

9.Potato Au Gratin


     Gratin (pengucapan bahasa Perancis: [ɡʁatɛ̃]) adalah sebuah teknik kuliner dimana bahan makanan ditaburi dengan remahan yang mencoklat, seringkali menggunakan tepung roti, parutan keju, telur dan/atau mentega. Gratin berasal dari masakan Perancis dan biasanya dihidangkan dalam hidangan course menu. maka Potato au gratin adalah sajian kentang yang di potong dan di campurkan dengan sauce bechamel dan cheddar cheese yang kemudian di panggang hingga kecoklatan.

10.Choux


      Choux adalah kue yang dibuat dengan menggunakan mentega, air, tepung terigu dan telur. Selain itu, gula dan garam dapat ditambahkan ke dalam adonan tersebut. Nama adonan ini berasal dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux yang secara harfiah berarti "pasta kubis" karena bentuk akhirnya yang penuh kubis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar