Senin, 25 November 2019

Ingredients #6

1.SALT ( Garam )

 

SEJARAH

 Menurut sejarah, garam diperkirakan ditemukan pertama kali di Danau Yungchen, China pada 6000 tahun sebelum masehi. Dimana warga setempat memanen garam saat danau tersebut mengering saat musim kemarau. Dan hingga saat itu China menjadi negara yang sering melakukan perdagangan garam di dunia. Tetapi, hingga 800 tahun sebelum masehi tidak ada yang dapat menuliskan secara jelas bagaimana proses pembuatan garam. Proses pembuatan garam pertama kali ditulis pada zaman Kerajaan Romawi.

MANFAAT

 Natrium adalah salah satu primer elektrolit di dalam badan. Ketiga-tiga elektrolit (natrium, kalium dan kalsium) terdapat di dalam garam yang belum disaring, seperti yang lain yang juga penting untuk badan untuk menjalankan proses pada kadar yang optimum. Terlalu banyak garam atau terlalu kurang boleh menyebabkan gangguan elektrolit yang membawa bahaya malah boleh menyebabkan masalah neurologi yang boleh membawa maut.

Satu kajian membuktikan bahawa lelaki yang mengalami hipertensi dan kadar natrium urea yang rendah berkait dengan kadar risiko mendapat sakit jantung lebih tinggi.

NUTRISI

 Jumlah Per

100 g

Kalori (kcal) 0

Jumlah Lemak 0 g   

Lemak jenuh 0 g     

Lemak tak jenuh ganda 0 g 

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg       

Natrium 38.758 mg 

Kalium 8 mg

Jumlah Karbohidrat 0 g       

Serat pangan 0 g     

Gula 0 g       

Protein 0 g   

Vitamin A       0 IU     Vitamin C       0 mg

Kalsium           24 mg  Zat besi           0,3 mg

Vitamin D       0 IU     Vitamin B6     0 mg

Vitamin B12   0 µg     Magnesium      1 mg

(https://puraindonesia.com/blog/2017/08/21/sejarah-garam-dan-awal-ditemukannya/)
(http://beraneh.blogspot.co.id/2011/10/sejarah-garam-dan-manfaat-garam.html)

2.MANGGO ( Mangga )

 

SEJARAH

     sebenarnya buah mangga bukan asli tanaman Indonesia, menurut sejarah penyebarannya, buah mangga yang ada di Indonesia berasal dari Negara India.Karena iklim dan suhu di Indonesia sangat cocok dengan tanaman buah mangga maka, tanaman tersebut cepar berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.
Penyebaran buah mangga hampir penyeluruh di wilayah Indonesia, bahkan  dari tiap-tiap daerah memiliki nama local masing-masing.  Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur buah mangga disebut palem.  Di Jawa Barat: Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm.Bahkan dalam bahasa Indonesia buah mangga juga sering disebut mempelam.Di Negara India buah mangga memiliki cerita dongeng rakyat yaitu asal usul adanya buah mangga. Dongeng rakyat di India ini menyebutkan bahwa mangga adalah penjelmaan Dewa Prajapati.
     Orang asing yang pertama kali melihat kebun mangga yang indah di lembah Indus ialah Alexander Agung pada tahun 327 SM. Penulis tentang buah mangga di India yang pertama mungkin Huien T’Sang, pada tahun 632-45 SM.Rumphius (1741), ahli botani, menyimpulkan bahwa tanaman mangga baru beberapa abad ditanam di Kepulauan Asia.
     Sedangkan di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma, mangga telah ditanam lebih dari empat ribu tahun, bahkan enam ribu tahun yang lalu. Ia berpendapat bahwa mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma.Istilah mangga berasal dari Bahasa Tamil di India yaitu: mankay atau man-gas. Dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L., yang berarti tanaman mangga berasal dari India.Pada kenyataannya hampir di seluruh Negara bagian India terdapat tanaman mangga. Sebutan mangga dalam Bahasa Indonesia mirip sekali dengan bahasa Tamil: man-gas.
     Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia
Dari India mangga menyebar ke Semenanjung Malaysia, kemudian ke Indonesia dan sekitarnya. Penyebaran itu mungkin karena dibawa pedagang India da penyebar Agama Hindu dan Budha sekitar abad keempat atau kelima sebelum Masehi.Mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Di Filipina, mangga ditanam pertama kali di Kepulauan Sulu dan Mindanao sekitar tahun 1400 dan 1450. Di Pulao Luzon sekitar tahun 1600 dan 1650.

MANFAAT

 1. Mencegah diabetes
Manfaat buah mangga dapat mencegah diabetes. Kadar indeks glikemiknya yang rendah tidak berpengaruh pada peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat terhindar dari penyakit diabetes. Selain buahnya, daun buah mangga terbukti efektif mengatur kadar insulin. Penderita dapat merutinkan meminum rebusan daun mangga setiap pagi.

2. Mencegah kerusakan atau degenerasi makula
Degenerasi makula adalah salah satu gejala kerusakan penglihatan yaitu rusaknya bagian tengah retina sehingga tidak berfungsi normal. Kandungan buah mangga seperti zat antioksidan zeaxanthin mampu memberikan perlindungan saat mata terkena sinar cahaya biru. Sehingga mata akan terbebas dari degenerasi makula dengan rajin mengkonsumsi buah mangga.

3. Mencegah penyakit jantung
Buah mangga mengandung serat, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk kinerja jantung. Peran jantung sebagai organ pemompa darah sangat vital sehingga memerlukan nutrisi berlebih. Dengan memperbaiki pola makan, meningkatkan asupan kalium, menurunkan asupan natrium maka seseorang akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Mencegah penyakit kanker
Sebuah penelitian para ahli membuktikan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga efektif melindungi usus besar, payudara, leukimia, dan kanker prostat. Senyawa antioksidan dalam buah mangga tersebut antara lain isoquercitrin, astragalin, fiselin, asam galat, dan methylgallat. Keseluruhannya menangkal perkembangan sel jahat penyebab kanker.

5. Untuk kesehatan tulang
Manfaat buah mangga berguna untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini dibutuhkan sebagai nutrisi tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan patah tulang.

NUTRISI

 Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz) adalah sebagai berikut.
Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17,00 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
 Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%)

(http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/asal-usul-dan-sejarah-buah-mangga.html )
(https://7khasiat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-mangga-bagus-untuk-kesehatan/ )

3. TOMATOES

 

SEJARAH

     Tomat merupakan tanam yang sudah lama ditanam di kawasan amerika latin, yang membentang dari meksixo sampai peru. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku inca dan aztek pada tahun 700SM. Sementara itu bangsa eropa mulai mengenal tomat sejak Christopher Colombus pulang berlayar dari Amerika dengan membawa berbagai macam biji-bijian seperti jagung, cabe, dan tomat. Penyebaran taman ini diasia dilakukan oleh pedagang spanyol dan portugis pada abad ke-16, begitu pula halnya dengan afrika.penyebaran tomat di indonesia dimulai dari philipina dan Negara-negara asia lainnya pada abad ke-18 oleh bangsa portugis.
     Pada awalnya tanaman tomat yang ditanam oleh suku inca dan aztek kecil-kecil. Namun, sekarang sudah ada buah tomat dengan berat 0,4 kg per buahnya. Tanaman ini sudah sangat berkembang dengan munculnya kultivar modern atau hibrida baru yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik  dilingkungan iklim yang jauh berbeda dari tempat asalnya. Bahkan ada varietas yang tahan terhadap hama dan penyakit tertentu.

MANFAAT

 1. Mencegah Kanker
Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker.

2. Melindungi Jantung Anda
Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.

3. Mencegah Diabetes
Kandungan serat yang tinggi pada tomat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat membantu dalam mengelola kadar insulin.

4. Bagus untuk kulit
Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

NUTRISI

 Nutrient Content :
Energy: 17.69 Calories (per 100 g)
Vitamin c: 14 mg (per 100 g)
Potassium: 237 mg (per 100 g)
Protein: 900 mg (per 100 g)
Scientific name: Solanum lycopersicum

( https://jessicaodiliaputri.wordpress.com/2014/06/30/asal-usul-tanaman-tomat/)
( https://www.liputan6.com/health/read/3134649/9-alasan-kenapa-anda-wajib-makan-tomat-setiap-hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar